Jumat, 13 Juni 2008

Surga Di Lereng Gunung Salak III

Flying Fox Ke Curug Cigamea

Selain villa di Gunung Salak yang identik dengan kehijauan dan keindahan pemandangannya, banyak objek wisata lainnya yang bisa juga dikunjungi ketika menginap di The Michael Resorts karena letaknya yang berdekatan. Objek wisata itu seperti, air terjun yang dikenal masyarakat Bogor dengan istilah curug.

Terdapat banyak curug di daerah yang berdekatan dengan The Michael Resorts, seperti Curug Nangka, Curug Luhur dan Curug Cihurang. Namun dari banyak curug, yang paling terkenal adalah Curug Cigamea. Dari The Michael Resorts hanya dibutuhkan waktu 10 menit untuk bisa mencapai gerbang masuk curug yang memiliki dua air terjun berdampingan ini, dengan mengendarai mobil atau bus.
Untuk mencapai air terjun, dibutuhkan waktu paling kurang satu jam berjalan kaki, mengikuti jalan setapak. Namun bagi mereka yang ingin menikmati sensasi meluncur dengan flying fox bisa mampir disebuah pos, yang khusus menyediakan jasa peluncuran dengan membayar Rp 20 ribu per orang.

Sensasi meluncur dengan fying fox di Objek Wisata Curug Cigamea ini benar-benar terasa mendebarkan. Karena di bawah lintasan peluncuran adalah jurang yang dalam dan dipenuhi oleh pohon. Panjang perlintasan peluncuran mencapai 170 meter dengan ketinggian 40 meter dari jurang di bawahnya. “Kalau Sabtu dan Minggu, biasanya yang melucur dengan flying fox bisa mencapai 60 orang. Sedangkan flying fox ini baru beroperasi sejak dua bulan lalu,” kata Pengelola Flying Fox dari Perkumpulan Rentek Solid Yana Mulyana.
Diterangkan Yana untuk meluncur dengan flying fox dibutuhkan peralatan yang harus benar-benar terjamin keamanannya, karena meluncur dengan flying fox termasuk salah satu olahraga ekstrim dengan resiko tinggi. Alat-alat yang dibutuhkan itu antara lain, sebuah sit harness yang berguna untuk mengikat peluncur. “Yang paling dibutuhkan pula adalah tali transfer, tali ini berfungsi untuk menghentikan luncuran kalau-kalau terjadi kesalahan. Tali ini juga berfungsi menarik katrol yang telah sampai di bawah,” terang Yana.
Setelah meluncur dengan flying fox, jarak menuju Curug Cigamea sudah tidak terlalu jauh. Di curug ini, para pengunjung akan dimanjakan oleh keindahan alam dengan batu-batu besar yang bertebaran disepanjang aliran air terjun. Ingin menambah kesan romantis, pengunjung bisa menikmati sajian jagung bakar dengan harga Rp 3 ribu yang bisa dipesan di dekat air terjun. (bernadette lilia nova)

Tidak ada komentar: