Jumat, 13 Juni 2008

Surga Di Lereng Gunung Salak II

Surga Tumbuhan Langka

Menikmati pagi di The Michael Resorts terasa belum lengkap tanpa mengelilingi taman dan menyusuri jalan setapak yang berliku. Para jurnalis bahkan dibuat terpana karena di resor ini terdapat ribuan bunga dan pohon langka dari berbagai daerah di Indonesia. Bunga-bunga dan pepohonan tersebut bisa hidup bahkan berbungga dengan indahnya di kawasan ini. Hal tersebut tentu saja karena ketelatenan dan perawatan serius yang dilakukan. Banyaknya bunga dan tumbuhan langka di lokasi nan eksotis ini, membuat munculnya berbagai jenis kupu-kupu yang membuat semakin indahnya kawasan ini.

Aneka bunga langka yang nyaris tidak pernah ditemukan lagi dihabitat aslinya seperti, Bunga Clavia yang aslinya dari Cibodas, Mawar Gambir dari Betawi, Kantung Semar dari Kalimantan, Pohon Arum dari Aceh bahkan Pohon Buah Merah dari Papua. Keindahan itu semakin bertambah dengan kehijauan ribuan pohon damar dan pinus yang dianggap sebagai pohon paling ramah lingkungan, karena tidak membuat tanah disekitarnya kering dan gersang. "Konsep resor ini memang 20 hingga 30 % saja bangunan, sisanya kita buat menjadi konservasi alam," kata Pengelola The Michael Resort Susan Sumbayak.

Selain ingin mengembangkan kembali tumbuhan-tumbuhan langka asli Indonesia, Susan mengaku dengan keberadaan tumbuhan langka tersebut bisa mengajak masyarakat sekitar untuk lebih peduli terhadap tanaman asli Indonesia. "Target kita untuk dua tahun mendatang kita bisa memberikan bunga atau tumbuhan langka bagi mereka yang berkunjung ke The Michael Resorts dengan gratis. Kalau sekarang kita masih dalam tahap pengembangan," kata wanita murah senyum ini.

Kecintaan untuk mengumpulkan dan mengembangkan kembali bunga dan tumbuhan asli Indonesia yang telah langka, dibuktikan oleh Susan bersama The Michael Resorts dengan membeli dan mencari bunga-bunga dan tumbuhan langka mulai dari daerah-daerah terpencil hingga ke manca negara. “Ada banyak bunga dan tumbuhan langka kita yang bisa dijumpai di luar negeri, tumbuhan itu kita usahakan bisa kembali lagi ke Indonesia,” terang Susan.


Beberapa bunga langka yang telah berhasil ditanam dan dikembalikan ke tanah air di The Michael Resort antara lain adalah, Bunga Camelia, Bunga Klampis yang sebenarnya asli Cibodas namun tidak ada lagi di Indonesia dan Bunga Rampai. “Bunga Camelia sekarang sudah dikembangkan di Australia, padahal itu bunga asli Indonesia, di Indonesia sendiri bunga itu sudah sulit ditemukan,” kata Susan. (bernadette lilia nova)

Tidak ada komentar: