Selasa, 18 November 2008

Kendari 2

Rusa Di Taman Kota

Berbeda dengan banyak daerah di Indonesia yang penduduknya memelihara kambing ataupun sapi sebagai matapencarian, di Kendari banyak penduduk memelihara rusa. Terkadang untuk memberi makan rusa-rusanya, penduduk setempat mengikatkan rusanya di taman kota. Karena memang taman kota memiliki rumput segar yang bisa dimakan oleh para rusa.

Keberadaan rusa di dalam taman kota ini sebenarnya dilarang. Namun penduduk tetap saja membiarkan rusa-rusanya makan dari rumput di dalam taman. Karena memang rumput di taman pemotongannya belum dilakukan dengan teratur. Sehingga ketika rumput mulai meninggi penduduk memilih taman kota sebagai tempat makan rusa-rusanya.

Keberadaan rusa-rusa ini sebenarnya tidak terlalu menganggu pengunjung taman. Karena rusa yang diletakkan di taman terlebih dahulu diikat, sehingga tidak berkeliaran jauh ke dalam taman. Rusa hanya menempati pojok kecil taman saja. Namun keberadaannya terkadang menarik minat anak-anak untuk mendekat. Menyentuh rusa dan mengelus kepalanya, mungkin hanya bisa dilakukan di tempat ini. Karena rusa yang dipelihara di dalam taman kota tersebut sudah sangat jinak.

"Keberadaan rusa di taman kota ini, kalau menurut orang-orang yang tidak sering melihatnya, merupakan penambah cantik taman ini. Saya sendiri tidak terganggu dengan keberadaannya. Bahkan saya menyarankan agar rusa itu dilepaskan saja dari talinya agar lebih leluasa berkeliaran di taman," kata pengunjung taman yang juga warga Kendari Budiman.

Rusa di taman kota menurut pria yang baisa disapa dengan panggilan Budi tersebut, menjadikan taman kota memiliki keunikan dan ciri khasnya. Karena dibanyak kota, taman-taman hanya dimeriahkan oleh tugu dan sama sekali tidak memiliki binatang di dalamnya. "Walaupun rusa itu dipelihara oleh masyarakat, Menurut saya keberadaannya menambah cantik taman ini," terangnya. (bernadette lilia nova)

Tidak ada komentar: