Sabtu, 05 Januari 2008

Balai Budidaya Laut Sekotong, NTB II


Gurihnya Sup Abalone

Menikmati hasil panen, memang terasa belum lengkap sebelum mencoba mencicipi rasanya ketika dimasak. Itu pula yang dilakukan oleh rombongan usai memanen abalone di keramba apung, Balai Budidaya Laut Lobar. Setelah hampir dua jam tersengat panasnya matahari di tengah laut, rasa lapar dan haus-pun mulai menggoda perut. Tidak heran jika sajian sup abalone menjadi pilihan menarik. Apalagi bagi yang belum pernah mencoba, sup abalone, tentu saja menjadi sebuah menu baru yang cukup menggugah selera.


Untuk memasak abalone menjadi makanan yang nikmat dikonsumsi, ternyata tidak membutuhkan berbagai macam bumbu masak. Karena dengan sedikit bumbu saja, kerang ini sudah terasa cukup nikmat, ketika dimakan dengan sepiring nasi ataupun sepotong ketupat. Agar Kerang Abalone yang dimasak terasa lebih empuk lagi, kerang ini harus direbus terlebih dahulu selama 25 menit. “Untuk sup abalone kali ini kita hanya menggunakan sedikit bumbu masak, ditambah bawang merah dan bawang putih dan sedikit garam,” kata Koordinator Pakan Balai Budidaya Laut Lombok Sunarti.


Walaupun sudah dimasak menjadi sup, ternyata abalone masih tetap berukuran besar dan tidak mengecil seperti kerang-kerang lainnya, sehingga untuk sepuluh ekor kerang, bisa menghasilkan satu mangkok besar sup abalone. “Kalau orang-orang barat atau Jepang, lebih menyukai abalone tanpa bumbu. Cukup direbus hingga empuk ditaburi sedikit garam. Itu membuat rasa asli abalone yang gurih terasa dilidah,” terang Sunarti menambahkan.


Lebih lanjut ditambahkan Sunarti, berbeda dengan kerang-kerang lainnya, yang walaupun sudah direbus, namun masih meninggalkan bau amis yang tidak enak, abalone sama sekali tidak berbau. “Abalone ini bisa juga dikonsumsi dengan menggunakan saos, selain dibikin sup, abalone bisa juga dijadikan sate yang nikmat. Tergantung selera masing-masing. Tapi kalau saya menyukai abalone dengan rasa asli, hanya direbus saja,” aku Sunarti lagi. (bernadette lilia nova)

Tidak ada komentar: